Panduan Cara Cepat Hamil adalah situs yang berisi panduan cara cepat hamil, panduan ibu hamil, dan panduan merawat bayi yang lengkap

Panduan Cara Menyusui Bayi yang Baik dan Benar

Panduan Cara Menyusui Bayi yang Baik dan Benar

Panduan Cara Menyusui Bayi-Bayi terutama yang berumur sampai enam bulan wajib mendapatkan ASI ekslusif dari ibu. ASI sangat penting didapat oleh bayi untuk pertumbuhan, perkembangan dan kekebalan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit. Jadi menyusui haruslah diperhatihan oleh ibu, agar bayi mendapat asupan ASI sesuai dengan kebutuhan.

Panduan Cara Menyusui Bayi yang Baik dan Benar

Ibu yang tidak mengetahui cara menyusui yang baik dan benar sering mengalami masalah, kadang membuat anak tidak lagi mau menyusu. Sehingga timbul kerepotan lain, jika sudah tidak mau menyusu ibu banyak yang berlahir pada susu formula, padahal akan lebih baik mendapat ASI ekslusif.   

Panduan Cara Menyusui Bayi

Sebenarnya jika mengalami kondisi ini jangan putus asa dahulu, yang perlu dilakukan adalah mencari informasi atau panduan cara menyusui yang tepat.

Berikut ini beberapa cara menyusui yang baik dan benar yang bisa dicoba:

1.Ketahui Kapan Bayi Butuh Menyusui

Ibu harus peka terhadap kebutuhan bayi akan ASI atau sedang lapar. Bisa dilihat dari beberapa tanda-tandanya dari bayi seperti menangis, menjilati bibir, menyentuh mulut dengan tangan, dll. Kebutuhan bayi Anda akan berubah sebagai bayi tumbuh. Anda mungkin harus menyusui lebih sering atau untuk durasi yang lebih lama. Jangan hanya melihat jam saja.

2. Menyusui Sampai Bayi Kenyang

Saat menyusui bayi, haruslah benar-benar mencukupi kebutuhan nutrisinya, janganlah hentikan menyusui jika bayi masih lapar.

3.Posisikan Tubuh Senyaman Mungkin

Langkah kedua Cara Menyusui Bayi yang Benar. Menyusui mungkin membutuhkan waktu lama, sampai bayi anda kenyang. Jadi, posisikanlah tubuh senyaman mnugkin. Jika anda mungkin sulit menyusui jika ada orang disekitar atau terganggu oleh suara, anda harus mencari tempat yang tenang.

4.Pegang Bayi Dengan Posisi yang Nyaman

Karena menyusui berlangsung berlangsung lama, cara memegang bayi yang salah dapat menyebabkan masalah seperti timbul rasa sakit. Peganglah bayi Anda dalam posisi yang nyaman,jika perlu dapat dapat juga menggunakan bantal. Bayi Anda dapat makan tanpa rasa tidak nyaman dan tangan Anda masih bebas untuk mendukung dia. Anda juga dapat memilih posisi yang sesuai dengan anda berdua.

5.Jangan Biarkan Sakit

Pada saat menyusui mungkin anda akan merasa sakit,jangan dibiarkan. Istirahatkan sejenak lembut memasukkan jari kelingking diantara mulut bayi dan payudara. Dan biarkan untuk bayi mencoba menyusui lagi.

Demikianlah beberapa tips atau Panduan Cara Menyusui Bayi yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat. Jika anda ibu menyusui sebaiknya jangalah merokok, bila itu sudah kebiasaan cobalah menghentikan.Karena asap roko dapat berefek buruk seperti mengurangi pasokan susu, mempengaruhi rasa susu, dan dapat menyebabkan permasalahan yang lebih buruk seperti sindrom bayi mati mendadak, asma anak, bronkitis dan pneumonia. 




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Sri Rahma, Published at 1:53 PM and have 1 comments

1 comments:

  1. saat ini cara menyusui bayi yang baik dan benar menjadi trend untuk ibu2 muda yang baru saja melahirkan bayi, karena pada bagian menyusui, banyak ibu2 muda yang masih kelimpungan ketika menyusui bayi, ada yang asi susah keluar lah ada yang belum bisa megang bayi yang benar lah dsb.

    ReplyDelete