Panduan Cara Cepat Hamil adalah situs yang berisi panduan cara cepat hamil, panduan ibu hamil, dan panduan merawat bayi yang lengkap

Panduan Cara Merawat Bayi Prematur dengan Benar

Panduan Cara Merawat Bayi Prematur dengan Benar

Panduan Cara Merawat Bayi Prematur-Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum minggu ke-37. Bayi prematur berisiko lebih tinggi terkena berbagai komplikasi  saat dirumah sakit (seperti masalah pernapasan, infeksi, dan kadar glukosa darah). Ibu dari bayi prematur sering merasa takut dan gugup merawat bayi yang prematu.

Panduan Cara Merawat Bayi Prematur dengan Benar

Merawat bayi tidaklah mudah, apalagi pada bayi yang prematur, Namun ibu tetap perlu mengusakan untuk merawat bayi secara maksimal. Agar kondisinya menjadi lebih baik.Berikut ini beberapa tips atau Panduan Cara Merawat Bayi Prematur dengan Benar ketika baru dilahirkan terutama pada kelahiran dirumah sakit :

Panduan Cara Merawat Bayi Prematur

1. Habiskanlah waktu bersama bayi 
Habiskanlah waktu bersama bayi, meskipun ketika bayi berada di NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Mungkin akan terasa sulit setelah melahirkan atau karena ada perawat dan staf diruangan tersebut. Tapi perlu diingat, bayi membutuhkan Anda. Perawat, dokter dan staf lainnya dapat memberikan perawatan medis tapi tidak kehangatan dan cinta yang dibutuhkan bayi. Seorang bayi prematur juga membutuhkan perhatian dan cinta dari orang tuanya seperti bayi pada bayi yang cukup bulan. Bicaralah dengan dokter dan meminta dia untuk membiarkan Anda berada di sana dengan bayi selama mungkin. 

2. Memberikan ASI 
Memberikan ASI adalah salah satu Hal paling penting dilakukan . Bila bayi tidak dapat mengisap payudara karena kelemahan atau alasan lain, cobalah untuk mengekstrak ASI dan memberikannya kepada perawat untuk makan melalui botol, sendok atau tabung. ASI memiliki beberapa nutrisi dan zat-zat lain yang baik untuk pertumbuhan dan kekebalan bayi Anda. Selain itu, secara rutin ASI akan menjaga pasokan susu Anda ketika ia siap untuk disusui. 

3. Manfaat Sentuh pada bayi 
Banyak bayi prematur perlu disimpan di inkubator dan tidak dibawa keluar sering karena berbagai alasan. Jika bayi Anda berada dalam inkubator, tanyakan pada dokter jika Anda dapat menyelipkan tangan Anda di dalam dan menyentuh bayi Anda. Sentuhan positif memiliki beberapa keuntungan dan jika Anda tidak diizinkan untuk menyentuh bicara bayi kepadanya. Suara Anda akan mengkomunikasikan pikiran positif dan energi kepadanya. 

4. Bantuan Perawatan untuk Bayi Prematur Anda 
Ketika masih dirumah sakti Cobalah untuk terlibat dalam perawatannya. Tanyakan pada perawat apaka ada yang dapat Anda lakukan untuk membantu merawat dia. Seperti memberi makan atau mengganti popok nya. Sentuhan Anda, perawatan dan berbicara akan mengirimkan pikiran positif dan energi kepadanya. 

5. Berbagi perasaan Anda dengan staff medis 
Anda perlu juga memberitahu kekhawatiran dan ketakutan tentang bayi prematur Anda pada staff medi seperti perawat atau dokter. Mereka dapat membantu untuk memahami apa yang terjadi dan membuat Anda lebih siap untuk hasil apapun. Staf dapat membantu Anda untuk mempersiapkan merawat bayi Anda sendirian di rumah setelah ia keluar dari rumah sakit. Sebelum Anda membawa pulang bayi Anda, pastikan bahwa Anda tahu segalanya tentang cara merawat seperti kebiasaan makan nya, obat-nya jika ada, dan juga bagaimana untuk mengawasinya. 

6. Mengikuti kursus CPR 
Pelajari CPR sebelum Anda tiba di rumah. Ini akan membuat Anda lebih percaya diri dan siap untuk menangani keadaan darurat di rumah sebelum bantuan tiba. 

Sumber: onlymyhealth.com

Setiap ibu tentu mengharapkan bayi lahir normal, namun kadang bagaimana lahir tidak bisa diprediksi. Bila sudah terjadi yang perlu dilakukan adalah berusaha untuk bisa memperbaiki kondisi bayi. Tidak perlu berkecil hati karena banyak kasus bayi yang lahir prematur dengan perawatan yang baik bisa tumbuh sehat seperti bayi-bayi lain yang cukup bulan.

Semoga informasi ini Panduan Cara Merawat Bayi Prematur dengan Benar, bisa bermanfaat. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Sri, Published at 2:20 AM and have 1 comments

1 comments: